Resep Memasak Nasi Uduk Gurih Mudah dan Sederhana

Resep Cara Memasak Nasi Uduk Gurih Mudah dan Sederhana – Nasi uduk biasanya digunakan sebagai menu sarapan oleh orang Betawi. Rasanya yang gurih dengan berbagai macam pelengkap yang lezat, membuatnya cukup populer di kalangan masyarakat modern sekarang ini.

Memang di Rumah Makan Padang banyak sekali yang menjual nasi uduk, tetapi tidak ada salahnya apabila kita membuat sendiri di rumah. Nah bagi Anda yang ingin membuat sendiri di rumah, simak resep cara memasak nasi uduk gurih berikut ini.

Resep Memasak Nasi Uduk Gurih Mudah dan Sederhana

Resep Nasi Uduk Gurih Khas Betawi

Bahan-bahan:

- Lengkuas cukup dengan 2 iris
- Sereh sebanyak 2 batang
- Daun salam sekiranya 2-4 lbr
- Cengkeh cukup sekitar 2-3 butir
- Jahe sebanyak 2 iris
- Garam secukupnya
- Pala sedikitnya saja
- Beras cukup 1 gelas / takaran
- Santan sekiranya 2 gelas, namun sebaiknya dilebihkan sedikit.

Bahan pelengkap lainnya:

- Ayam goreng secukupnya
- Kerupuk sesuai selera
- Tempe dan tahu goreng
- Bawang goreng supaya lebih mantap
- Irisan tomat dan timun
- Telur rebus, belah dua bagian

Cara Membuat Nasi Uduk Gurih Dengan Mudah dan Sederhana

1. Pertama-tama cuci terlebih dahulu beras yang telah Anda persiapkan
2. Kemudian masak beras tersebut bersama dengan santan dan bahan rempah lainnya. Dalam memasak gunakan api kecil sampai sedang saja agar bisa matang secara sempurna.
3. Setelah santan mengering, masukan beras tersebut kedalam rice cooker atau microwave. Apabila tidak ada, Anda bisa mengukusnya diatas kompor saja.
4. Apabila sudah matang, tuang nasi tersebut keatas mangkuk. Buang rempah-rempah yang tidak dibutuhkan. Lalu sajikan bersama dengan bahan pelengkap tadi. Selesai!

Itulah resep cara memasak nasi uduk gurih khas Betawi yang dapat kami sampaikan. Siapapun Anda, baik itu pemula ataupun yang sudah jago, resep diatas sangat cocok untuk dicoba sekarang juga. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati nasi uduk buatan sendiri.

Subscribe to receive free email updates: