Resep Cara Memasak Pempek Adaan Mudah dan Sederhana

Resep Cara Memasak Pempek Adaan Mudah dan Sederhana – Pempek adaan adalah salah satu jenis pempek yang cukup populer di Palembang selain pempek kapal selam. Bentuknya yang bulat, membuat camilan satu ini banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Meskipun harganya tergolong lebih murah dari pempek kapal selam dan pempek lenjer, tetapi untuk masalah rasa jangan salah. Dengan rasa yang gurih dan nikmat, pempek satu ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan saat bersantai bersama keluarga. penasaran? Simak resep cara memasak pempek adaan berikut ini.

Resep Cara Memasak Pempek Adaan Mudah dan Sederhana

Resep Pempek Adaan Khas Palembang yang Enak

Bahan-bahan:

- Ikan tenggiri sebanyak 600 gram
- Sagu tani sebanyak 400 gram, usahakan untuk memilih tepung sagu dengan kualitas terbaik
- Santan encer sekitar 400 ml, untuk rasa yang jauh lebih gurih
- Telur ayam kampung cukup dua butir
- Bawang merah yang telah dicincang halus sebanyak 50 gram
- Garam sekiranya 1.5 sendok makan, atau secukupnya
- Lada halus cukup dengan satu sendok teh
- Vetsin sekiranya satu sendok teh (jika tidak suka, bisa melewatkannya saja)

Cara Membuat Pempek Adaan Mudah dan Praktis

1. Pertama remas-remas bawang merah cincang bersama dengan garam sampai tercampur secara merata.
2. Giling daging ikan tenggiri tadi hingga halus. Kemudian campur bersama dengan remasan bawang merag, vetsin, dan lada. Lalu aduk-aduk sampai semua bahan dapat tercampur secara merata.
3. Tambahkan sedikit demi sedikit santan encer dan telur ayam sambil diaduk. Apabila sudah tercampur secara merata, masukan tepung sagu dan uleni sampai tidak lengket (agar daging ikan lebih terasa jangan tambahkan tepung sagu terlalu banyak).
4. Panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian gorenglah adonan tadi dengan bentuk bulat sesuai selera masing-masing. jika sudah matang sisihkan terlebih dahulu.
5. Sekarang kita akan membuat kuah cuko, caranya cukup mudah sekali, pertama haluskan bawang putih dan cabai rawit. Kemudian didihkan air dan masukan halusan tersebut. setelah itu, sisir gula aren dan masukan bersama dengan asam jawa.
6. Sekarang, sajikan pempek tadi bersama dengan kuah cuko yang sangat lezat.

Itulah sajian informasi seputar resep cara memasak pempek adaan mudah dan sederhana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates: