Resep Cara Memasak Bakso Ikan Mudah dan Sederhana

Resep Cara Memasak Bakso Ikan Mudah dan Sederhana – Bakso merupakan sajian kuliner yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Konon, bakso berasal dari orang-orang Tionghoa. Tetapi kemudian kuliner tersebut menjadi cukup populer di Nusantara sejak dahulu sampai sekarang.

Biasanya bakso dibuat dengan menggunakan daging sapi dan ayam. Namun sebenarnya tidak hanya sapi dan ayam saja, daging ikan pun bisa Anda gunakan untuk membuat kuliner tersebut. Tentunya untuk masalah rasa jelas berbeda, penasaran? Simak informasi selengkapnya dalam resep cara memasak bakso ikan berikut ini.

Resep Cara Memasak Bakso Ikan Mudah dan Sederhana

Resep Bakso Ikan Enak dan Gurih

Bahan-bahan:

- Ikan tenggiri segar sebanyak 1/2 kg, ambil dagingnya dan haluskan
- Putih telur dari 3 butir saja
- Tepung tapioka sebanyak 125 gram
- Air es cukup dengan 50 cc
- Minyak goreng sebanyak 3 sdt, sesuaikan

Bumbu bakso ikan :

- Bawang putih sebanyak 6 siung, haluskan
- Merica bubuk cukup 2 sendok teh
- Penyedap rasa sekiranya 3/4 sdt
- Kecap ikan sebanyak 1 1/2 sdt
- Garam cukup 1 1/2 sdt, sesuaikan dengan selera

Cara Membuat Bakso Ikan Mudah dan Praktis

1. Pertama masukan ikan tenggiri, air es, putih telur, dan semua bumbu kedalam foodprocessor atau blender. Haluskan daging tersebut sampai benar-benar halus secara merata.
2. Selanjutnya masukan tepung tapioka dan minyak goreng kedalam halusan tersebut. Kemudian haluskan lagi sampai semua bahan dapat tercampur secara merata.
3. Bentuklah adonan yang telah dibuat tadi dengan menggunakan tangan bersih. Caranya cukup genggam adonan tersebut, lalu kepalkan tangan sampai adonan keluar melalui telunjuk dan ibu jari. Gunakan sendok untuk mengambilnya. Lakukan hingga adonan habis.
4. Masukan bulatan-bulatan bakso tersebut kedalam panci yang sudah diisi air secukupnya. Kemudian rebuslah adonan tersebut hingga mengapung. Sekarang sajikan bakso ikan tersebut bersama kuahnya.

Bagaimana, mudah kan? Nah seperti itulah resep cara memasak bakso ikan mudah dan sederhana. Selamat mencoba di rumah!

Subscribe to receive free email updates: