Cara Membuat Kue Sentiling Singkong Kenyal

Cara Membuat Kue Sentiling Singkong Kenyal – Kue sentiling merupakan salah satu jenis kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar parutan singkong. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan berbagai macam warna sehingga membuatnya terlihat cukup menarik.

Mungkin sekarang ini sangat sulit bagi kita untuk menemukan kue sentiling, tetapi jaman dahulu kue satu ini cukup populer di kalangan masyarakat, khususnya anak-anak. Bagi Anda yang ingin mencicipinya, berikut kami sajikan resep dan cara membuat kue sentiling singkong kenyal dengan mudah.


Cara Membuat Kue Sentiling Singkong Kenyal

Bahan-bahan:

- Singkong cukup dengan 1 kg, bersihkan dan parut halus
- Garam halus sekiranya 1 sendok teh
- Pasta vanili cukup sekitar 1/2 sendok teh
- Gula pasir sebanyak 250 gram
- Air secukupnya
- Pewarna makanan sesuai selera (merah, kuning, hijau, dll)

Bahan lapisan luar:

- Kepala parut yang tidak terlalu tua
- Garam sesuaikan dengan selera masing-masing

Cara Mudah Membuat Kue Sentiling Singkong Kenyal

1. Langkah pertama campurkan antara parutan singkong, garam, gula pasir, air, dan pasta vanili dalam sebuah wadah. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga dapat tercampur secara merata.
2. Bagi adonan yang sudah terbentuk menjadi 3 bagian. Masing-masing bagian tersebut silahkan beri pewarna sesuai dengan selera Anda. Bisa merah, kuning, dan hijau.
3. Bentuk adonan yang telah Anda buat tadi menjadi balok panjang. Kemudian kukus selama kurang lebih 35 menitan atau sampai matang.
4. Apabila sudah matang, potong kue tersebut menjadi bentuk dadu. Sisihkan terlebih dahulu.
5. Sekarang, kukuslah parutan kelapa bersama dengan garam selama kurang lebih 5 menitan.
6. Ambil kue yang telah dipotong tadi kemudian gulingkan diatas parutan kelapa secara merata. Lalu sajikan sebagai camilan spesial keluarga tercinta.

Itulah resep dan cara membuat kue sentiling singkong kenyal yang dapat kami sajikan. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi masakan bagi Anda. Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates: