Cara Membuat Kue Klepon Pandan Isi Gula Merah

Cara Membuat Kue Klepon Pandan Isi Gula Merah – Kue klepon termasuk kedalam kategori jenis kue basah tradisional khas Indonesia. Pada dasarnya klepon dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni klepon berbahan dasar ubi dan kue klepon berbahan dasar tepung ketan.

Dengan tekstur yang kenyal dan lembut, kue klepon banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Terlebih apabila kue tersebut disajikan bersama dengan kelapa parut yang gurih. Berikut kami sajikan resep dan cara membuat kue klepon pandan isi gula merah yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Cara Membuat Kue Klepon Pandan Isi Gula Merah

Resep Membuat Kue Klepon Pandan Gula Merah

Bahan-bahan:

- Tepung ketan putih sebanyak 450 gram
- Tepung beras cukup dengan 50 gram
- Garam halus sekiranya 1/2 sendok teh
- Gula merah secukupnya (disisir halus)
- Air sesuaikan dengan kebutuhan
- Daun pandan cukup 1 lembar
- Kelapa parut yang tidak terlalu tua secukupnya untuk bahan taburan
- Pasta pandan seperlunya


Baca juga:

Cara Membuat Kue Klepon Pandan Gula Merah Dengan Mudah

1. Pertama campurkan antara tepung ketan dan beras dalam sebuah wadah. Aduk-aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur secara merata. Apabila ingin lebih lembut, Anda dapat mengayaknya terlebih dahulu.
2. Selanjutnya masukan pasta pandan secukupnya kedalam adonan tepung tersebut. Aduk-aduk lagi hingga tercampur merata. Lalu masukan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang pas.
3. Bentuk adonan tadi menjadi bulatan-bulatan. Kemudian masukan isian gula merah kedalam adonan yang telah dibentuk tadi. Setelah itu, rebus dengan menggunakan air secukupnya hingga mendidih dan matang.
4. Sambil menunggu matang, Anda dapat mengukus parutan kelapa bersama dengan garam. Pengukusan ini berguna agar kelapa lebih terasa gurih dan bisa tahan lama.
5. Sekarang, gulingkan bulatan-bulatan yang telah direbus tadi diatas parutan kelapa kukus secara merata. Kemudian sajikan kue klepon pandan gula merah untuk camilan keluarga tercinta.

Itulah sajian informasi resep dan cara membuat kue klepon pandan isi gula merah dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasi.

Subscribe to receive free email updates: