Cara Membuat Kue Sikaporo Bugis Spesial yang Enak

Cara Membuat Kue Sikaporo Bugis – Sesuai dengan namanya, kue khas satu ini muncul berasal dari Bugis. Mungkin kue ini cukup asing di telinga Anda, mengingat kue bugis sendiri termasuk kedalam daftar kue tradisional yang sudah mulai dilupakan oleh masyarakat.

Meskipun sudah tidak populer lagi, tetapi sebenarnya kue ini memiliki rasa yang cukup lezat. Rasa dari kue bugis tidak kalah dengan jenis kue yang saat ini populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang ingin tahu rasanya, silahkan simak dan coba cara membuat kue sikaporo bugis yang enak berikut.


Bahan-bahan:

- Kuning telur sebanyak 10 butir
- Putih telur dari 5 butir telur saja
- Gula pasir sebanyak 250 gr
- Santan kelapa sebanyak 300 ml
- Tepung beras sekitar 10 sendok makan
- Agar-agar warna kuning sebanyak 1 bungkus
- Agar-agar warna hijau cukup 1 bungkus
- Pewarna kuning sekiranya 1/2 sendok teh

Cara Membuat Kue Sikaporo Bugis Dengan Mudah dan Praktis

1. Langkah pertama kita dapat membuat adonan hijau terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, campurkan 125 gram gula pasir dan agar-agar hijau sampai merata. Lalu masukan sedikit demi sedikit 5 sendok makan tepung beras bersama dengan sebagian dari santan. Sambil memasukan tepung beras, lakukan pengadukan agar bahan-bahan tersebut tercampur secara merata.
2. Setelah terbentuk adonan yang mirip pasta, tuang dalam sebuah wadah dan kukus sampai mengeras.
3. Sambil menunggu kukusan tersebut matang, kita buat adonan kuningnya. Caranya campurkan kuning telur, 125 gram gula pasir, agar-agar kuning, santan, 5 sendok makan tepung beras, dan santan. Aduk secara merata dan kukus seperti saat kita membuat adonan hijau sebelumnya.
4. Sekarang tuang adonan hijau terlebih dahulu dalam sebuah wadah dan tumpangi dengan adonan berwarna kuning diatasnya. Kukus kembali adonan tersebut sampai mengeras. Sajikan selagi masih hangat.

Itulah cara membuat kue sikaporo bugis enak yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi masakan bagi Anda, salam

Subscribe to receive free email updates: