Cara Membuat Kue Lumpang Pandan Empuk dan Kenyal

Cara Membuat Kue Lumpang Pandan Empuk dan Kenyal – Kue lumpang termasuk kedalam jenis jajanan khas Indonesia, tepatnya kue ini berasal dari daerah Palembang. Saat ini kue lumpang sudah cukup populer sekali di kalangan masyarakat tanah air, Anda pun bisa menemui kue ini dengan mudah melalui beberapa toko roti dan kue terdekat.

Dengan tekstur lembut dan rasa manis menggoda, kue lumpang sangat cocok apabila kita sajikan sebagai camilan bersantai bersama keluarga, jamuan tamu, dan sajian camilan ketika arisan. Nah bagi Anda yang ingin tahu rasa kue ini, berikut kami sajikan cara membuat kue lumpang pandan empuk dan kenyal yang bisa dicoba sendiri di rumah.

Kue Lumpang Pandan

Bahan-bahan:

- Gula pasir sebanyak 100 gr, haluskan
- Santan kental cukup dengan 200 ml
- Pasta pandan sebanyak 1/2 sendok teh
- Tepung beras sekitar 120 gr
- Tepung kanji sebanyak 1 sendok makan
- Garam halus cukup sekiranya 1/2 sendok teh
- Minyak untuk mengoles cetakan secukupnya

Bahan taburan:

- Parutan kelapa yang tidak terlalu tua dan garam secukupnya.

Cara Mudah Membuat Kue Lumpang Pandan Spesial 

1. Terlebih dahulu siapkan sebuah wadah untuk mencampurkan adonan nantinya. Lalu campurkan tepung beras, tepung kanji, gula pasir, dan garam halus dalam wadah tersebut. Pastikan campuran sudah merata secara sempurna.
2. Selanjutnya tuang santan kelapa sedikit demi sedikit kedalam campuran tersebut sambil diuleni sampai tercampur secara merata. Lalu tambahkan pasta pandan dan aduk lagi sampai tercampur secara merata.
3. Siapkan sebuah cetakan kue, kemudian olesi cetakan tersebut dengan sedikit minyak atau mentega (agar tidak lengket). Tuang adonan tadi kedalam cetakan tersebut dan kukus selama kurang lebih 20 menitan.
4. Terakhir sajikan kue tersebut selagi masih hangat sebagai camilan lezat bersama dengan teh manis atau susu.

Itulah cara membuat kue lumpang pandan empuk dan kenyal yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: