Cara Membuat Susu Kedelai Murni dan Lezat

Cara Membuat Susu Kedelai - Rasa susu yang segar membuat orang banyak menyukai susu kedelai. Kandungan gizinya yang banyak sangat baik bagi kesehatan tubuh jika rajin mengkonsumsi susu kedelai tersebut.

Untuk menikmati susu kedelai sebenarnya sangat mudah. Anda dapat membuat susu kedelai sendiri di rumah dan cara membuat susu kedelai sendiri pun sangat sederhana. Berikut langkah dalam cara membuat susu kedelai sendiri:



  1. Cuci bersih kedelai dengan air mengalir sampai bersih, untuk membuang kotoran yang terdapat pada kedelai.
  2. Rebus kedelai kurang lebih selama 15 menit, setelah itu rendam dengan air bersih selama 10-12 jam. Fungsi perendaman untuk melunakkan kedelai dan mudah terlepas dari kulit ari.
  3. Cuci kembali kedelai dengan cara meremas-remas kedelai agar kulit ari terlepas dari kedelai.
  4. Haluskan kedelai dengan blender sampai halus lalu ditambahkan air sedikit demi sedikit. Campur kedelai halus dengan air panas secukupnya dan aduklah sampai rata. Saringlah dengan kain filter untuk mendapatkan sari dari kedelai.
  5. Rebus susu kedelai hingga mendidih. Hal ini bertujuan untuk mensterilkan susu kedelai dari mikroba-mikroba, bakteri dan juga menghilangkan bau dari kedelai. Setelah itu, kecilkan api dan biarkan susu kedelai di atas api lebih kurang 15 menit sambil terus di aduk dengan tujuan agar susu kedelai bisa tahan lama dan tidak mudah basi selain itu juga agar susu kedelai besa tercampur dengan baik dan tidak mengendap bila didiamkan.
  6. Tambahkan gula dan garam ke dalam rebusan susu kedelai. Tambahkan juga vanili untuk menambahkan aroma, atau juga bisa ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti jahe, pandan dan lain sebagainya.
  7. Sajikan susu kedelai dengan cara hangat atau ditambah dengan es.

Demikian cara membuat susu kedelai dengan mengikuti resep yang sudah kami bagikan diatas, maka susu kedelai yang Anda inginkan akan segera terwujud. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: