Resep Masakan Rendah Kolestrol

Resep Masakan Rendah Kolestrol - Gorengan adalah salah satu makanan yang paling digemari di Indonesia. Sebagian besar lauk yang digunakan sebagai pelengkap nasi juga dihidangkan dengan cara digoreng. Padahal, makanan yang mengandung minyak amat beresiko mengundang kolesterol, asam urat, dan penyakit stroke.

Pemilihan jenis makanan yang akan dimasak bisa berpengaruh pada penurunan resiko kolesterol. Misalnya, lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah daripada gorengan berminyak tentu akan jauh lebih sehat.

Tidak bisa dipungkiri, tubuh membutuhkan daging, ikan, telur, maupun lauk pauk lain untuk kebutuhan kalori. Untuk menyiasati agar protein tersebut tidak menjelma menjadi kolesterol, ada baiknya Anda mengubah cara pemasakan. Dipepes, dan bukan digoreng, adalah salah satunya.

Pepesan jelas mengandung minyak yang jauh lebih sedikit daripada gorengan. Anda bisa mencoba beragam pepesan untuk daging atau ikan kesukaan Anda, dengan bumbu yang sama. Berikut ini adalah salah satu contoh.

Resep Masakan Rendah Kolestrol

Resep Pepes Teri Bumbu Kunyit


Bahan untuk membuat masakan ini amat mudah. Siapkan ikan teri (atau ikan lain sesuai selera Anda), daun pisang, dan cabe rawit utuh.

Untuk bumbunya, siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah, kunyit, jahe, serta garam. Haluskan menjadi satu.

Cara memasaknya, tumis semua bumbu dengan sedikit minyak sampai berbau harum, lalu angkat dan dinginkan. Setelah cukup dingin, campurkan dengan ikan teri dan cabe rawit. Bungkus dengan daun pisang dan semat ujungnya dengan tusuk gigi. Kukus sekitar 30 menit.

Meminimalisir penggunaan minyak adalah salah satu kunci menghindari kolesterol. Pada resep di atas, bisa dilihat minyak hanya digunakan ketika menumis, sehingga hanya butuh 1-2 sendok saja. Cara lain untuk menghindari minyak adalah dengan memanggang atau memanggang daging yang akan dikonsumsi. Selain lebih aman, daging (ayam atau sapi) lebih sehat daripada digoreng.

Jika memang terpaksa harus menggoreng, seperti tempe, tahu atau kerupuk, usahakan minyak yang digunakan benar-benar bersih dan panas, untuk menghindari makanan menyerap minyak berlebihan. Selain itu, menempatkan makanan di atas kertas penyerap minyak juga bermanfaat untuk membuat minyak turun. Saatnya hindari kolesterol dengan mengurangi gorengan dan pemakaian minyak berlebihan.

Subscribe to receive free email updates: